Album-Singles

MENU

Sigma Entertainment. Powered by Blogger.

VC Gema (Grup Nasyid Pekanbaru, Meranti - RIAU), something new


Penampilan VC Gema di FKIP UR, FKIP EXPO 2013



Riau merupakan sebuah provinsi yang kaya akan khasanah islam. Berbicara tentang Islam, terdapat sebuah media dakwah yang kini sudah mulai popular di tengah-tengah masyarakat meranti, khusunya selatpanjang, yaitu seni suara yang dinamakan dengan nasyid. Banyak acara-acara besar yang sekarang sudah didominasi oleh nasyid, seperti, acara pemerintah, pesta pernikahan, konser tunggal maupun akbar, dan acara besar lainnya. 

Sebut saja VC Gema, yang merupakan tim nasyid yang terbentuk pada tanggal 30 Juli 2008 silam. Tim nasyid yang awalnya beranggotakan 8 orang ini, hingga kini tetap eksis di dunianya. Dengan berbagai proses yang mereka jalani, mereka sempat menyabet Juara I Festival Nasyid se-Provinsi Riau yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Al-Madani FISIP Universitas Riau pada akhir tahun 2012 lalu. 

Jika ‘flashback’ ke belakang, pada tahun 2008, VC Gema yang pada saat itu beranggotakan 8 orang, meraih Juara I perlombaan nasyid antar kelas. Pada tahun 2009, tim nasyid yang berasal dari MAN Selatpanjang ini, mulai dikenal masyarakat dengan penampilannya di berbagai acara, seperti walimahan, acara pesta rakyat, hinggal acara seminar. Pada tahun 2010, tim nasyid yang anggotanya tersisa 6 orang pada waktu itu sempat mengikuti Festival Nasyid se-Riau di Mall SKA Pekanbaru oleh Sigma Entertainment, dan Gema Muharam Religi Festival di Dumai oleh SMAN 1 Dumai yang merupakan pengalaman pertama mereka untuk mengikuti pertandingan setingkat Provinsi, namun belum sempat membawa pulang tropi dan hadiah. Namun semangat pemuda meranti ini belum pudar hanya karena sekali kegagalan.  

Beranjak dari azam yang kuat, pada tahun 2011, 5 personil dari tim nasyid melayu ini melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi di Pekanbaru. Sebuah keseriusan mereka tampakkan dengan bergabungnya VC Gema di salah satu manajemen nasyid professional, Sigma Entertainment di Pekanbaru. Awalnya mereka hanya berniat bersilaturrahmi ke sekre, namun setelah berjumpa dan berbincang tentang perkembangan nasyid di Riau bersama seorang manager marketingnya, mereka merasa perlu sebuah manajemen. Selain menyabet Juara I di ajang Festival Nasyid se-Riau di UKMI FISIP, memasuki tahun 2012, VC Gema juga mengikuti beberapa Festival dan menyabet 3 piala di Pekanbaru. Di antaranya adalah, Festival Nasyid di Fakultas Kedokteran UR, Festival Nasyid oleh ESQ 165 wilayah Riau di Mall SKA Pekanbaru, dan ‘Soul of Ramadhan’ Nasheed Festival yang di selenggarakan oleh Mall Pekanbaru, yang menghadirkan bintang artis, Teunku Wisnu dan Shiren Sungkar.

Setelah beberapa bulan bergabung dan melakukan proses latihan rutin setiap minggunya, serta memperbaiki konsep, akhirnya tim nasyid VC Gema menjadi tim nasyid professional di Pekanbaru. Adapun langkah awal menuju professional, VC Gema merilis single pertama mereka yang telah di launchingkan pada 18 November 2012. “Perjalanan berliku, jadi sebuah ujian”, begitulah lirik awal dari single yang berjudul “Suara Hati” itu. Namun, setelah itu, VC Gema membuat konsep baru dengan jumlah 4 personil, dikarenakan, satu personilnya keluar dari tim tersebut, karena beberapa alasan yang syar’i. Akhirnya mereka berhasil merilis single pertama mereka melalui studio dhion yang ada di Yogyakarta untuk pembuatan minus one nya, serta take vocal di studio yang ada di radio dzhaki di Rumbai, Pekanbaru.

Berawal dari komitmen untuk melanjutkan target-targetnya, walaupun tinggal ber-empat, VC Gema tetap berusaha komit dan kompak. Setelah menyelesaikan single yang pertama, dengan konsep musik perkusi orchestra, yang beraliran cord dengan vocal utama kemelayuan, VC Gema tidak berhenti disitu saja. Membangun link dan jaringan adalah langkah yang selanjutnya, yaitu dengan melihat pasar promosi nasyid di Indonesia dan Mancanegara melalui pembagian single nya di beberapa radio di Indonesia dan salah satu radio di Malaysia. Selain itu, juga di beberapa media sosial seperti, fanpage di facebook, soundcloud, reverbnation, youtube, dan media popular lainnya. Selain itu, single VC Gema yang liriknya diciptakan oleh Renanda Lastri, yang juga merupakan Manager Marketing tim nasyid yang membawa nama Meranti di Pekanbaru tersebut, menjadi single hit urutan teratas di radio Ma’arif FM di Selatpanjang selama 3 bulan terakhir.

Berbicara tentang pengalaman “performance”, di tahun 2013 ini, sudah banyak Kabupaten yang telah mereka kunjungi. Di antaranya, Kuansing, Kampar, Pkl. Kerinci, Bengkalis (pulau Rupat), dan yang paling sering adalah Kota Dumai dan Pekanbaru. Penampilan terakhir adalah di konser SIGMA sambut ramadhan, dan di pulau Rupat dalam rangkaian acara pesta walimahan (nikah). 

VC GEMA yang merupakan singkatan dari V(f)astabikul khairat Gerakan Mahabbah, memiliki beberapa target yang harus tercapai. Di antaranya album kompilasi, video clip, menembus pasar nasyid nasional dengan konsep keartisan, serta membuat album perdana. Untuk itu butuh proses dan perjuangan yang cukup panjang, bukan hanya waktu dan tenaga yang dikorbankan, tetapi juga uang dan pikiran menjadi modal utama dalam menghasilkan sebuah karya. Tidak menutup kemuningkan bahwa VC Gema akan mengenyampingkan hal-hal pribadi mereka, demi kesuksesan sebuah tim, bahkan terkadang kuliah pun terbengkalai. “Semua tergantung kepada manajemen waktu kita.” Imbuh dari Dhani Suheri, Sekretaris tim. Menurut cowok kelahiran Pariaman ini, kesuksesan butuh pengorbanan. Betapapun itu sangat penting dan menjadi sebuah kebiasaan, kita harus bisa menyesuaikan dengan apa yang menjadi mimpi kita dan harus terbiasa dengan kesibukan yang membuat kita sangat butuh ekstra pengaturan waktu yang pas dan terkontrol.

“Kerja tim akan menghasilkan ide yang cemerlang, dari pada bekerja sendiri”, sahut ketua tim, Nuzul Arifin. Vokalis VC Gema ini selalu memberi semangat kepada temannya sambil mengingatkan target-target mereka. Seandainya salah satunya lemah semangat atau down, maka yang lain akan saling menguatkan dan memotivasi. Begitulah kerja sebuah tim, ia tak akan rapuh oleh angin badai, namun terkadang akan terlena dengan angin yang sepoi-sepoi. Artinya, betapapun kesulitan yang dating menghadang, insya Allah dengan semangat dan motivasi yang kuat akan target-target ke depan, semua itu akan bisa dilalui. Tapi tak jarang rasa jenuh dan malas datang menghampiri. Namun, bagaimanapun mereka harus menepis rasa itu demi perkembangan dan kekompakan sebuah tim yang harus berjalan sesusai target.

Memasuki tahun 2013, VC Gema mulai menyelesaikan target-targetnya, dimulai dengan launching Album Kompilasi yang rencananya akan digelar pada awal bulan November 2013 di Mall SKA Pekanbaru. Segala persiapan sudah mulai dilakukan. Di antaranya, pembuatan single ke dua, pembuatan video clip, serta mulai membuat proposal untuk mencari dana. Kali ini, VC Gema akan bersanding dengan SIGMA, tim nasyid internasional dari Dumai, Dimensi 3, serta solois dari Dumai, Zammis Juniandry . Selain itu, ada keinginan untuk mengembangkan nasyid dan melestarikan  seni dakwah melalui seni ini. Untuk itu, bersama sigma entertainment Pekanbaru, merancang sebuah program yang bernama “Nasyid di Masyarakat” untuk memperkenalkan nasyid di khalayak umum, dan “Nasyid di Sekolah” untuk mencari bibit-bibit baru yang memiliki komitmen untuk dijadikan sebuah tim nasyid. Alhamdulilah program tersebut berjalan dengan lancar.

Bagaimanapun, semua itu butuh kerja keras dan pengorbanan yang tak terhingga, hingga nantinya, bisa menghasilkan sesuatu yang berharga dan bisa diapresiasikan. Walaupun banyak rintangan bahkan kegagalan yang dialami, VC Gema akan tetap berusaha untuk komitmen dengan target-target yang telah direncanakan, bahkan seiring berjalannya waktu, tanpa sadar mereka telah berada sejauh ini. Walaupun masih merasakan kekurangan, VC Gema adalah tim nasyid yang cukup diperhitungkan di Riau, khusunya di Pekanbaru dan Selatpanjang. Dan sampai saati ini, tim nasyid melayu ini aktif menampilkan performance mereka, baik itu di Pesta Pernikahan, Seminar, maupun acara Pemerintahan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "VC Gema (Grup Nasyid Pekanbaru, Meranti - RIAU), something new"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top